cara membuat jaringan Adhoc untuk koneksi antar komputer

     Pengen main game multi player tapi gak bawa kabel LAN?
     Pengen copy file dari laptop teman tapi gak bawa flashdisk?
     Pengen sharing koneksi internet tapi gak tau caranya?

Nah pertanyaan-pertanyaan diatas bisa terjawab dengan cara membuat koneksi antar komputer, baik PC maupun laptop, via WiFi, jangan hanya pake Wi-Fi untuk konek ke Access Point / Hot Spot Internet, Wi-Fi bisa lebih dari itu.. Kebanyakan mungkin belum tahu akan hal ini

Sebelumnya pastikan Wi-Fi anda sudah terinstal drivernya, liat aja di Properties dari My Computer trus menu Device Manager, liat apakah Wi-Fi sudah kedetect dan statusnya working properly, gak ada tanda seru atau warning di iconnya.. Trus nyalakan Wi-Finya, beda Laptop beda cara, ada yang pake geser, tombol, atau shortcut keyboard..
Kalo sudah, di taskbar kanan ada logo koneksi, klik aja trus masuk ke menu Network and Sharing Centre.. 




Buat Koneksi baru dengan menu Set up new a connection or network..

 

Scroll sampai ketemu pilihan koneksi Set up wireless adhoc bla bla bla. Koneksi adhoc adalah koneksi antar komputer sehingga memungkinkan pembuatan jaringan berbasiskan Wi-Fi..





Setelah itu silahkan isi nama network yang ingin dibuat beserta securitynya, pengen pake password atau gak, kalo pengen aman mending pake password aja, ato kalo males nyetingmya, pilih mode No Authentication (Open), klik Next dan selesailah sudah..




Untuk nyambung ke network yang udah dibuat pilih aja network tersebut di taskbar dan tekan Connect.. Komputer lain juga bisa nyambung ke jaringan ini dengan cara yang sama..


Setelah itu tinggal setting IP address aja, pilih properties dari koneksi tersebut, rubah alamat IP staticnya.. Isi IP yang gampang-gampang aja yang penting bisa connect, misal 1.1.1.2, 1.1.1.3, 1.1.1.4, pokoknya gak jauh-jauh amat lah nilainya, cukup ganti angka paling belakangnya, sedang yang depan biarin aja sama. Jangan sampai sama IPnya, Karena nanti bisa, bentrok sama yang lain…
Kalo udah, coba ping antar komputer. caranya buka Command prompt, Trus ketik ping [alamat IP komputer tujuan], jika ada reply berarti udah konek tuh, kalo gak ada reply bisa aja settingan IPnya salah ato kena blok Firewall komputer tujuan, kalo kena firewall gampangnya matikan aja (Firewall Windows ato Software lain yang punya Firewall, contohnya antivirus)


Nah, dasar koneksi sudah ada, jaringan udah terbentuk, komputer udah terhubung semua, tinggal kalian mau apa dengan jaringan ini, mau maen game multiplayer silahkan, sharing file ok, ato mau bagi koneksi internet juga boleh

PS: jika masih banyak yang salah, baik bahasa maupun tulisannya,,.. saya mohon ma'af karena saya masih newbie
 jika ada yang kurang jelas, silahkan ditanyakan, nanti9 akan di usahakan cari solusinya.. ok.. Selamat mencoba..

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Blogger templates

Selamat datanng,,.. Terimakasih telah berkunjung,,.. Jangan lupa beri komentar dan saran,,..

Pages

Mengenai Saya

karangampel, indramayu / Jawabarat, Indonesia
cocntact person:: email : locky.ardi@yahoo.com Facebook:https://www.facebook.com/lockyardi

Blogroll